Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Papua

Penulis

  • Indah Lestari STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Sepnat Pariama STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Ayu Irma Rahmawati STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Teguh Santoso STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Rahmatia STKIP Muhammadiyah Manokwari

Kata Kunci:

Motivasi Belajar Matematika

Abstrak

Rendahnya mahasiswa asli papua yang mengambil program studi pendidikan matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa Papua terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu mahasiswa dari masing-masing program studi di STKIP muhammadiyah manokwari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah mahasiswa kurang begitu termotivasi dengan pembelajaran matematika. Mahasiswa yang masih merasa kesulitan saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung, serta terkadang mahasiswa juga merasa bingung dengan proses perhitungan di matematika.

Biografi Penulis

Indah Lestari, STKIP Muhammadiyah Manokwari

Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Maju, 8(2), 310-319.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168-181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Pribadi, R. E. (2017). Implementasi Sustainable Development Goals (SDGS) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Papua. Ilmu Hubungan Internasional, 5(3), 917–932.

Santoso, T., Cholily, Y. M., & Syaifuddin, M. (2021). An Analysis of Students’ Errors in Completing Essay HOTS Questions Based On Watson’s Criteria Viewed From The Cognitive Style Perspective. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(1), 121-133. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3776

Suharni & Purwanti. (2018). Vol. 3 No. 1, Bulan Desember Tahun 2018                                                                                                                  p-ISSN : 2541-6782,  e-ISSN : 2580-6467. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131-145.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Yanti, Y. E. (2019). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Elementa, 1(2), 96–103.

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-13